BERITA

MONITORING P3PD DI DESA TEGAL SARI KECAMATAN WERU

18 April 2024

MONITORING P3PD DI DESA TEGAL SARI KECAMATAN WERU

SUKOHARJO- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukoharjo mengadakan Monitoring Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Desa Tegal Sari Kecamatan Weru pada Rabu (17/04/2024) yang membahas terkait program pemerintah dalam mendukung implementasi Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang secara struktur dilaksanakan oleh 4 (empat) kementerian dan lembaga. Keempat kementerian tersebut adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas. 

P3PD diarahkan untuk hal – hal sebagai berikut : (1) mendorong efisiensi dan efektifitas penguatan desa, melalui pengembangan dan peningkatan sistem dukungan. (2) memperkuat kapasitas kelembagaan dan sistem akuntabilitas yang akan mengarah pada peningkatan kualitas belanja di tingkat desa. (3) reformasi sistem pendukung, pembinaan dan pengawasan kepada desa dan pemerintah daerah melalui inovasi pengembangan sistem peningkatan kapasitas yang lebih efisien; penguatan data, pengembangan sistem monitoring dan pelaporan, serta umpanbalik yang efektif. (4) membawa perubahan sistem pembinaan dan pengawasan kepada desa dan pemerintah daerah. (5) adanya inovasi pengembangan sistem peningkatan kapasitas yang lebih efisien dengan menggunakan teknologi digital.

Monitoring ini melihat kondisi wilayah Desa Tegalsari dan perkembangan desanya agar lebih maju dan berkembang. Monitoring dihadiri olehh Kepala Bidang Pemerintahan Desa, beserta Staf dan Tenaga Ahli 

Share :