Tupoksi

Tugas Pokok

Membantu Bupati Melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang Administrasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Fungsi

1. Perumusan Kebijakan Teknis dibidang administrasi Pemberdayaan Masyarakat 2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang administrasi pemberdayaan masyarakat dan desa 3. pelaksanaan kebijakan di bidang administrasi pemberdayaan masyarakat dan desa 4. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang administrasi pemberdayaan masyarakat dan desa 5. Pelaksanaan fungsi administrasi pemberdayaan masyarakat dan desa; dan peaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Visi

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang merupakan unit kerja dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah mempunyai peran yang sangat strategis dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat yang mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan Kabupaten Sukoharjo. Oleh karena itu Renstra Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menjadi satu kesatuan dalam Renstra Setda Tahun 2016 – 2021. 1. Visi. Visi Pembangunan Kabupaten Sukoharjo adalah : “TERUS MEMBANGUN SUKOHARJO YANG LEBIH SEJAHTERA, MAJU, DAN BERMARTABAT DIDUKUNG PEMERINTAHAN YANG PROFEESIONAL“. Visi diatas diharapkan akan mewujudkan keinginan dan amanat masyarakat Kabupaten Sukoharjo, dan harus dapat diukur keberhasilannya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun kedepan. Pernyataan Visi tersebut di atas mengandung makna sebagai berikut : a. Sejahtera yaitu dalam lima tahun kedepan akan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatnya pendapatan perkapita penduduk yang berdampak pada menurunnya angka kemiskinan, serta peningkatan pelayanan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar. b. Maju Yaitu pembangunan daerah dilandasi keinginan bersama guna mewujudkan masa depan ekonomi, sosial dan lingkungan fisik yang lebih baik, didukung sumber daya manuasia yang unggul profesional, berperadaban tinggi, berdaya saing, berakhlak mulia serta berwawasan ke depan. c. Bermartabat yaitu kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara yang bertumpu pada nilai-nilai budi pekerti dan budaya yang luhur, mengedepankan etika, moral maupun norma agama masyarakat. d. Profesional yaitu Penyelenggaraan Pemerintahan yang baik (partisipasif, Akuntable, Transparan dan Efisien) dan bersih (bebas korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Misi

2. Misi. Misi Kabupaten Sukoharjo yang terkait dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yaitu : “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia dan Masyarakat“. Pernyataan Misi tersebut di atas mengandung makna sebagai berikut : a. Memantapkan keterpaduan program pemberdayaan masyarakat desa dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian maupun tindak lanjut pembangunan desa/kelurahan. b. Meningkatkan peran aparat dan lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan. c. Meningkatkan prakarsa dan swadaya gotong royong masyarakat yang partisipatif. d. Mengembangkan potensi sarana dan prasarana desa melalui peningkatan teknologi tepat guna yang dinamis. e. Menumbuhkan kembangkan ekonomi masyarakat melalui ekonomi kerakyatan.